Background

Pada 1992 di Rio de Janeiro, dilaksanakan Konferensi PBB untuk Lingkungan dan Pembangunan atau lebih dikenal sebagai Rio Earth Summit. Dalam konferensi tersebut, dua perjanjian konvensi yakni Konvensi Perubahan Iklim dan Konvensi Keanekaragaman Hayati diperkenalkan dan dibuka untuk tandatangan. Kemudian pada kesempatan yang sama, Rio Earth Summit juga memandatkan untuk dilaksanakannya Konvensi untuk Menanggulangi Penggurunan di tahun 1994.

Tiga konvensi tersebut dikenal dengan Konvensi-Konvensi Rio (degradasi lahan, keanekaragaman hayati, dan perubahan iklim). Indonesia telah meratifikasi ketiganya, yakni Konvensi PBB untuk Perubahan Iklim atau United Nation Framework Convention on Climate Change (UNFCCC), Konvensi Keragaman Hayati atau Convention on Biological Diversity (CBD) dan Konvensi PBB untuk Memerangi Penggurunan atau United Nation Convention to Combat Desertification (UNCCD).

Selanjutnya, Indonesia juga telah meratifikasi Protokol Kyoto, hasil dari Konvensi Keragaman Hayati (CBD) yang mengindikasikan Indonesia telah memberikan komitmen untuk turut menurunkan emisi gas rumah kaca dalam kurun 2008-2012. Selain itu, untuk melindungi keragaman hayati dari potensi risiko yang timbul dari organisme-organisme dengan modifikasi genetik – yang merupakan hasil dari bioteknologi – pada tanggal 3 Desember 2004 Indonesia menjadi negara pihak dalam Protokol Cartagena untuk Keselamatan Hayati.

Dalam perkembangannya, diperlukan adanya upaya untuk mengarusutamakan isu-isu lintas sektoral dari Konvensi Rio (degradasi lahan, konservasi keanekaragaman hayati, dan perubahan iklim). Maka, Proyek CCCD dibentuk untuk tujuan tersebut, dan diharapkan mampu membantu dalam permasalahan lingkungan global.

1992

  • United Nations Conference on Environment and Development (the Rio “Earth Summit”) was held
  • Rio Conference ordered to establish Convention to Combat Desertification
  • Convention on Biological Diversity was opened to signature
  • United Nations Framework Convention on Climate Change was held

1994

  • United Nations Convention to Combat Desertification (UNCCD) atau Konvensi PBB untuk Menanggulangi Penggurunan dilaksanakan atas mandat sebelumnya

2004

  • Indonesia meratifikasi Protokol Kyoto
  • Indonesia meratifikasi Protokol Cartagena