Regional Jawa Timur

DAS Mikro Sumberbulu

Terletak di Desa Bringin dan Desa Bambang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, DAS mikro Sumberbulu merupakan bagian dari Sub-Sub DAS Bangsri, Sub DAS Lesti, DAS Brantas. Secara geografis, DAS mikro Sumberbulu berada di lereng barat pegunungan Semeru (Mahameru) yang dipengaruhi oleh aktivitas gunung berapi, termasuk sebagai tempat deposit material Gunung Semeru. Luas DAS mikro Sumberbulu 504,06 Ha dengan penduduk berjumlah sekitar 3.948 jiwa di Desa Bambang dan 6.159 jiwa di Desa Bringin.

DAS mikro Sumberbulu memiliki potensi air terjun sebagai ekowisata baru, serta sumber mataair yang berlimpah meski pada musim kemarau. Sumber mataair tersebut sudah dijadikan Penyedia Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) sejak tahun 2017.

Kondisi Awal DAS Mikro Sumberbulu:

  1. Banyaknya penambangan pasir karena tersedianya material dari Gunung Semeru yang melimpah.
  2. Adanya kegiatan penambangan pasir dapat menurunkan tingkat kesuburan tanah serta ekosistem hewan tanah, sehingga meningkatkan potensi kerusakan lahan yang lebih besar di masa mendatang.
  3. Penambangan yang intensif mengakibatkan hanging wall yang berpotensi longsor secara tiba-tiba, serta berimbas pada terjadinya sedimentasi sungai.
  4. Meningkatnya populasi larva “embuk” yang menyerang hampir semua komoditas yang ditanam di lahan berpasir mengakibatkan produktivitas pertanian dan perkebunan menurun;
  5. Terjadi penyingkapan akar yang disebabkan karena erosi percik dan erosi lembar;
  6. Adanya penumpukan sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai mengakibatkan pencemaran sungai yang disebabkan oleh tidak adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Rencana aksi proyek yang akan dilakukan, diantaranya:

  1. Mereklamasi lahan-lahan terdegradasi (bekas penambangan pasir) dengan melibatkan masyarakat lokal.
  2. Pembinaan ekosistem dan habitat serta rantai makanannya ke kondisi semula
  3. Penyadartahuan serta sosialisasi kepada masyarakat akan peraturan lingkungan yang berkembang di masyarakat, berkenaan dengan penambangan pasir serta dampaknya (memfasilitasi terlaksananya PES (Payment Environmental Services) yang adil untuk masyarakat hulu dan hilir)
  4. Pelatihan dan pendampingan pembuatan kompos yang bebas “Embuk” dengan teknik fermentasi dan pengkayaan unsur hara penting.
  5. Pembinaan dan pendampingan pengelolaan sampah rumah tangga

Berita Regional Jawa Timur

DSC04381-min

31

Jul2018
JAKARTA, 29 Juli. Berkenaan dengan sudah ditetapkannya lokasi proyek, tim proyek CCCD beserta pihak yang terkait melakukan kunjungan lapangan ke Malang dan Lampung pada 25-29 Juli 2018. Tim terdiri dari PMU CCCD (Direktorat PEPDAS dan PMU) serta jajaran BPDAS Brantas, BPDAS Way Sekampung, SCU Lampung dan SCU Jawa Timur. Kunjungan Lapangan ... Read More
Juli 31, 2018ariq CCCD