cccd-icon
cccd-icon

Proyek CCCD

Melalui manajemen DAS berkelanjutan, Proyek CCCD (Cross-Cutting Capacity Development) hendak memperkuat serangkaian instrumen kebijakan, hukum, dan ekonomi sebagai mekanisme insentif yang lebih kokoh untuk mengarusutamakan kewajiban lingkungan global.
Sejalan dengan strategi GEF Cross-Cutting Capacity Development Results Framework, proyek ini hendak memenuhi sejumlah kapasitas dasar (individu, organisasi, dan sistem) yang tercakup dalam tiga Konvensi Rio (UNCCD, UNFCCC, dan CBD).

Sesuai dengan sasaran Strategi GEF untuk Degradasi Lahan Siklus Pendanaan Kelima, LD-3, proyek CCCD mencoba membangun kapasitas untuk mengurangi tekanan terhadap sumber daya alam akibat pemanfaatan lahan, membuat mekanisme pendanaan yang inovatif untuk pengelolaan hutan lestari sebagai pelindung daerah aliran sungai, serta mengedepankan sinergi dan megarusutamakan cara-cara terbaik pemantauan dampak dan penilaian terhadap ekosistem.

Dua DAS mikro dipilih, yakni DAS mikro Way Khilau di Lampung dan DAS mikro Sumberbulu di Jawa Timur. Hasil yang diharapkan yaitu agar keduanya dapat mejadi model dalam mengarusutamakan isu-isu lintas sektoral dari Konvensi Rio (degradasi lahan, konservasi keanekaragaman hayati, dan perubahan iklim) serta mendorong kesejahteraan masyarakat.